Belajar Makro

spidey

Pose laba-laba kecil diambil diatas daun

Setelah beberapa kali melihat hasil foto makro dari beberapa video di Youtube, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba belaja memotret makro. Karena memang harga lensa makro tergolong mahal untuk kocek saya, saya mencoba beberapa alternatif untuk tetap bisa memotret makro tanpa perlu membeli lensa yang terlalu mahal.Pertimbangannya adalah, saya sendiri bukan fotografer professional, hanya memotret kadang-kadang saja untuk melepas stres dengan hobby ini. Tentunya sayang jika harus beli lensa yang mahal jika digunakan hanya sekali-sekali saja.

Akhirnya saya menemukan alternatif untuk membuat foto makro tanpa membeli lensa makro. Yang pertama ingin saya coba adalah menggunakan close-up filter sebagai tambahan diujung lensa kamera. Akan tetapi belum lagi sempat mencoba, saya kebetulan membaca artikel yng mengatakan bahwa penggunaa close-up filter untuk makro tidak akan menghasilkan kualitas gambar yang jernih, hal ini dikarenakan prinsip optik dimana penambah jumlah lensa akan mengurangi kualitas dari gambar yang diambil. Alternatif yang kedua adalah menggunakan teknik reverse-lens. Teknik makro ini biasa disebut juga “poor man’s macro”, memanfaatkan lensa kit biasa yang posisinya dibalik sehingga berfungsi sebagai lensa makro.

Yang diperlukan hanyalah reverse ring, untuk memasang lensa kit dalam posisi terbalik. Tapi dalam percobaan pertama, saya langsung menggunakan extension tube, yang berfungsi untuk mengurangi atau memeperkecil jarak maksimal fokus objek ke lensa, sehingga dalam kondisi memotret makro dapat menambah perbesaran atau magnification dari objek itu sendiri.

Test..! Saya coba mengambil gambar makro dihalaman rumah. Hasil gambar yg didapat pertama adalah gambar laba-laba kecil yg ada di tumbuh-tumbuhan. Bisa kita lihat dari hasil gambarnya, bahwa perbesaran efek dari extension tube cukup terasa. Dari percobaan kali ini, kesimpulanannya adalah bahwa memotret makro menggunakan reverse lens cukup susah. Karena tidak ada fokus auto, hanya bisa merubah fokus dengan memaju mundurkan posisi lensa. Belum lagi kondisi angin disekitar saat pemotretan. Sungguh memerlukan kesabaran kestabilan pergelangan tangan yang cukup tinggi.

20120530-022304.jpg

Lalat yang sedang istirahat didedaunan

Biarpun cukup melelahkan, memotret makro dengan reverse lens cukup menyenangkan, beberapa hari berikutnya, saya masih sering nongkrong diteras depan rumah untuk cari gambar makro :D .

4 thoughts on “Belajar Makro

Leave a Reply

